Senin, 14 April 2014

Sid Meier’s Civilization: Beyond Earth – Game Civilization Di Luar Angkasa!

Standard

Jika kamu adalah gamer PC, tentunya kamu pernah mendengar seri Civilization. Seri game turn based strategy epik yang telah memenangkan berbagai penghargaan tersebut akhirnya akan mendapat spin-off yang memiliki konsep sama, namun bertema masa depan. Tentu saja akan ada beberapa fitur menarik yang tidak ada di game terbarunya sekalipun, Civilization V!

Sid Meier’s Civilization: Beyond Earth menceritakan masa depan dimana bumi sudah tidak lagi menjadi planet yang ideal untuk dihuni akibat populasi manusia yang terlalu banyak dan juga pengelolaan sumber daya yang buruk. Akhirnya manusia memutuskan untuk meluncurkan roket ke luar angkasa untuk pergi ke sebuah planet yang dipercaya bisa ditinggali.

Beyond Earth | Screenshot

Sebagai salah satu koloni yang berada di dalam roket tersebut, kamu akan mendarat ke planet yang bisa untuk ditinggali, dan perlahan-lahan mengembangkan teknologi, mengambil sumber daya dan lainnya untuk akhirnya mencapai kemenangan yang akan menyelamatkan bumi…atau mungkin tidak. Setelah kamu mencapai planet tersebut, koloni lainnya akan perlahan-lahan menyusul, dan akhirnya kamu akan berlomba-lomba dengan koloni lain untuk menyelamatkan bumi, baik lewat kompetisi yang sehat maupun tidak.

Akan terdapat tiga “ideologi” yang bisa kamu pilih, yaitu Harmony, Supremacy dan Purity. Harmony adalah ideologi yang muncul akibat rasa penyesalan yang muncul akibat pemanfaatan sumber daya yang tidak bertanggung jawab pada bumi, dan kamu berusaha sekuat mungkin di planet baru ini untuk tidak mengulang kesalahan yang sama. Kamu akan berusaha “bekerja sama” dengan planet untuk menciptakan kemakmuran untuk kolonimu tanpa menghancurkan sang planet.

Beyond Earth | Screenshot 2

Supremacy adalah pandangan bahwa teknologi adalah satu-satunya cara bagi manusia untuk bisa terus bertahan dari berbagai masalah dan bahaya yang dihadapi. Mesin, AI yang kuat, organ cybernetic, sampai akhirnya mengubah prajuritmu menjadi robot masa depan dengan teknologi mematikan.

Purity adalah pandangan dimana identitas manusia adalah sesuatu yang sangat penting, dan kamu akan bertahan sebisa mungkin untuk tidak terpengaruh oleh teknologi alien ataupun planet dengan berbagai mahluk-mahluk aneh. Kamu akan membuat planet baru ini semakin mirip bumi dan mempertahankan filosofi yang kamu pegang teguh sebagai seorang manusia bumi. Cukup menarik ya?

Beyond Earth | Screenshot 3

Setiap ideologi ini akan memiliki teknologi yang berbeda-beda, dan juga berbagai unit militer yang bervariasi. Sebagai contoh Harmony akan mendapatkan prajurit ala Avatar (yang berkulit biru, bukan yang menguasai empat elemen) dimana prajuritmu menunggangi alien berukuran raksasa, sementara Purity akan mendapatkan tank canggih yang bisa terbang. Tiga ideologi ini juga masing-masing akan memiliki syarat yang berbeda-beda untuk menang.

Tentunya akan ada fitur-fitur unik lain yang belum kita ketahui, dan sebagai seorang pemain Civilization V saya sudah sangat bersemangat membayangkan game ini. Belum ada tanggal rilis yang pasti untuk game ini, jadi sepertinya kita hanya bisa bersabar sampai tanggalnya diumumkan. Civilization: Beyond Earth direncanakan akan dirilis di PC, Mac dan Linux.