Selasa, 01 April 2014

Jurassic Park: Dino Assault – Mencoba Tower Defense Gaya Primitif

Standard
Apa yang membuat sebuah game tower defense seru untuk dimainkan? Bagi saya yang terpenting adalah tingkat kesulitan yang menantang dan juga variasi strategi yang harus digunakan. Untungnya inilah yang saya temukan di 10 level pertama dari Jurassic Park: Dino Assault. Secara mendasar tidak ada yang unik dan berbeda dari game ini, kamu tetap harus membangun tower dan mencegah para dino masuk dan mengacak-acak tempat tinggal kamu.

Walaupun tidak ada yang berbeda namun saya cukup suka dengan tema dinosaurus yang ada di game ini. Kamu akan berusaha menahan serangan dari 24 jenis dinosaurus dengan tower primitif. Jadi jelas kamu tidak akan menemukan turret dengan laras ganda di sini. Tapi tower primitif ini juga mempunyai variasi yang banyak, tepatnya 27 jenis tower, ini terbilang cukup banyak untuk sebuah game tower defense. Tower sendiri terbagi atas 3 jenis: attack, support dan defense. Kamu dapat menggunakan tower support untuk memperkuat tower lain dari segi jarak, besar serangan, dan kecepatan. Sedangkan tower dengan tipe defense dapat kamu pakai untuk melambatkan musuh atau menahannya di tempat selama tower attack menyerang mereka.

Seperti yang saya katakan, 10 level pertama terasa begitu menyenangkan dan sangat menantang. Bahkan di sekitar level 7 atau 8 kamu mungkin akan mengulang beberapa kali untuk mendapatkan komposisi tower yang tepat. Di 10 level pertama kamu juga akan diperkenalkan dengan begitu banyak tower baru yang terbuka satu demi satu, ini akan membuat kamu tertarik untuk mencobanya semua.

Namun sayangnya Jurassic Park: Dino Assault mulai kehilangan pesonanya setelah tower Fire Launcher terbuka. Tower ini begitu efektif dan juga kuat sehingga memasang 2 saja sudah cukup untuk mengatasi kebanyakan level yang ada. Ini diperparah dengan tower support yang juga sangat efektif, kamu cukup memasang 1 Wild Root untuk menahan musuh di tempat, 1 Swift Stone untuk membuat tower lain lebih cepat dan 2 buah tower Fire Launcher. Biasanya saya akan memasang tower dengan formasi ini dan membiarkannya beberapa menit sambil melakukan kegiatan lain dan kembali dalam keadaan menang secara sempurna.

Ini sebenarnya sangat disayangkan karena banyak tower unik dan sistem upgrade yang sebenarnya sangat seru. Hanya saja tower Fire Launcher terlalu kuat (dan murah) dan ini membuat game ini menjadi membosankan setelah kamu menemukan kombinasi yang saya sebutkan di atas. Adilnya memang tidak semua pemain akan menemukan kombinasi itu dan mereka mungkin akan tetap bermain sebuah game yang menantang selama permainan.

Mekanik dalam game ini juga sedikit aneh, terkadang tower akan tetap menembak musuh yang berada di sisi kiri dia, padahal ada musuh yang di sebelah kanan yang sedang bergerak masuk ke gerbang yang kita coba lindungi. Ini diperparah dengan tidak ada fungsi untuk tap musuh secara manual supaya tower bisa fokus menembak musuh yang kita tap tersebut.

Jurassic Park: Dino Assault tidak mempunyai jalan cerita dan saya juga tidak protes tentang hal ini, kebanyakan game tower defense juga tidak mempunyainya. Namun saya sedikit kecewa setelah menyelesaikan level terakhir. Tidak ada ending, penutup atau apapun. Menyelesaikan level terakhir terasa seperti menyelesaikan level lainnya dan ini tidak meninggalkan kesan tamat yang menyenangkan. Ini akan membuat kamu merasa: “Apa? Gitu doang?

Sejujurnya saya suka semua aspek dari Jurassic Park: Dino Assault, jenis tower melimpah, sistem upgrade terasa signifikan dan musuhnya juga banyak dengan kemampuan yang berbeda-beda. Namun sayangnya tower yang overpower tersebut membuat game ini menjadi membosankan. Tentu saja kamu bisa memilih untuk tidak menggunakan tower yang kuat ini namun itu akan terasa aneh dan sedikit bodoh.

Jurassic Park: Dino Assault dapat kamu download secara gratis untuk kamu mainkan beberapa level pertama. Setelah itu kamu harus membayar satu dolar Amerika untuk mengakses 25 level yang disediakan game ini. Jika kamu pemain kasual yang ingin mencoba sebuah game tower defense maka saya masih bisa merekomendasikan ini, namun jika kamu pemain veteran maka mungkin setelah level 10 ke atas game ini akan membuat kamu bosan dengan tower yang overpower.

Apple App Store Link: Dino Assault , Gratis
Google Play Link: Jurassic Park: Dino Assault, Gratis