Jumat, 28 Maret 2014

NVIDIA Umumkan GTX Titan Z, Graphics Card Dengan Harga Rp. 30 Juta!

Standard



















Biasanya saya tidak mengikuti perkembangan PC karena memang sulit untuk diikuti tanpa membuat kantong bolong. Namun kali ini sebuah graphic card atau VGA menyita perhatian saya dengan harganya yang mencapai Rp. 30 juta. NVIDIA tadi malam baru saja mengumumkan GTX Titan Z, sebuah graphic card yang memiliki dua buah GPU di dalamnya.
GTX Titan Z dilengkapi dengan (peringatan: ini akan terdengar seperti bahasa planet lain) dua buah chip Kepler GK110, 2.880 core untuk setiap chip, komputasi 8 teraflops dan (drum roll please…) 12 GB memory GDDR5. Saya tidak tahu mengenai angka-angka ini tapi 12 GB untuk memory VGA!!? Oh boy, zaman benar-benar sudah berubah semenjak Radeon 9200 SE (128 MB) yang saya miliki dulu.

Salah satu alasan mengapa GTX Titan Z diracang begitu cepat adalah supaya bisa mendukung resolusi 5K (karena nampaknya 4K sudah terlalu mainstream) dan juga multimonitor. Singkat kata resolusi super duper tinggi dengan 3-6 layar, bermain Titanfall tidak akan pernah sama lagi.
Walaupun angkanya terdengar gila dan tidak semua orang akan mampu untuk membelinya namun internet telah membuktikan bahwa kita tinggal di dunia yang gila. Hanya masalah waktu saja sampai seseorang menggunakan GTX Titan Z untuk PC pribadinya, 2 dengan SLI.