Jumat, 28 Maret 2014

Tropico 5 Akan Memiliki Fitur Multiplayer!

Standard

Kamu yang suka dengan game strategi dan city building tentunya pernah mencoba Tropico, sebuah game strategi bercampur dengan city building yang meletakkanmu di posisi seorang diktator di pulau-pulau tropis. Setelah dirilisnya Tropico 4 pada tahun 2011, akhirnya pada musim panas tahun ini kita akan kedatangan Tropico 5. Ada banyak fitur-fitur baru yang terdengar sangat menarik yang akan tersedia di Tropico 5, dan salah satunya seperti yang sudah bisa kamu baca di judul, multiplayer!

Multiplayer

Fitur multiplayer dari Tropico 5 tentunya menjadi sebuah fitur yang sama sekali tidak terduga oleh kamu yang pernah mencoba game ini. Tropico 5 memperkenalkan multiplayer co-op dan kompetitif yang memungkinkan kamu beserta tiga pemain lainnya menjadi diktator di sebuah pulau. Kamu dapat bekerja sama dengan cara menggabungkan sumber daya dan tenaga kerja untuk mempercepat pengembangan kota, atau sebaliknya bertarung satu sama lain.



















Belum ada informasi mendetil seperti apa pertarungan ini akan terjadi, berhubung selama ini di Tropico kamu bahkan tidak bisa mengontrol prajuritmu (biasanya mereka hanya akan berpatroli dan langsung berperang secara otomatis jika memang terjadi peperangan). Yang jelas saya sedikit kebingungan membayangkan empat diktator bekerja sama atau bertarung satu sama lain dalam sebuah pulau. Rasanya malah terdengar seperti perang antar geng…

Timeline

Di Tropico 5 kamu akan bermain dari awal jaman kolonialisasi pada abad 19 sampai ke jaman modern di abad 21. Perkembangan jaman ini juga sekaligus mengenalkan sistem riset, dimana seiring perkembangan jaman kamu harus mengalokasikan dana untuk melakukan pengembangan teknologi yang akan membawa berbagai keuntungan. Tentunya kamu tidak ingin rakyatmu masih memancing menggunakan tombak saat diktator di pulau sebelah menggunakan kapal dan jala bukan?




















Tidak hanya itu, sang diktator bisa tewas. Pada Tropico sebelumnya diktator tidak bisa tewas dan hanya akan terluka setiap kali seharusnya dia tewas. Namun jika sang diktator tewas kamu tidak akan otomatis kalah, hanya saja sang diktator akan digantikan oleh anggota keluarganya. Belum ada informasi banyak mengenai hal ini, namun seharusnya akan terdapat semacam kerugian yang didapat jika sang diktator tewas dan digantikan oleh orang lain.
Tropico bukanlah sebuah seri game strategi yang memenangkan banyak penghargaan atau sangat sukses seperti Civilization atau Starcraft. Namun Tropico memiliki keunikannya sendiri tidak hanya dalam tema yang diusung namun juga permainan yang lebih santai dan tidak terlalu kompetitif. Tropico 5 akan dirilis pada musim panas tahun ini, yang artinya dalam beberapa bulan kedepan. Apakah kamu tertarik untuk mendapatkan game ini? Saya sendiri selalu memainkan semua game Tropico, dan tidak terkecuali yang satu ini nantinya.

Official Website: Tropico 5