Sabtu, 19 April 2014

Xbox One “Terjual” Sebanyak 5 Juta Unit…”Terjual”, Bukan Terjual

Standard

Tidak mau kalah dengan Sony yang kemarin berbagi hasil penjualan PS4 yang cukup fenomenal di 6 bulan pertamanya, hari ini giliran Microsoft yang berbagi hasil penjualan mereka. Menurut perwakilan dari Microsoft, Yusuf Mehdi, sampai saat ini sudah ada 5 juta unit Xbox One yang “terjual”.

Hmm, kamu mungkin penasaran kenapa setiap menulis kata “terjual” saya selalu menambahkan tanda kutip. Alasannya adalah karena dari laporan yang diterima, Microsoft menggunakan kata “sold in” dan bukan “sold out” untuk membicarakan tentang penjualan 5 juta unit Xbox One itu.
Lalu apa bedanya penggunaan dua kata tersebut? Jadi, istilah “sold out” dalam bahasa Inggris digunakan untuk mendeskripsikan produk yang telah terjual dari distributor atau produsen ke tangan konsumen. Sedangkan istilah “sold in” adalah istilah yang digunakan untuk jumlah produk dari produsen yang sudah tersedia di tangan distributor.

Xbox One | Image

Menurut Mehdi, total penjualan yang diraih Xbox One di 6 bulan pertamanya itu 60% lebih bagus daripada 6 bulan pertama yang dilewati oleh Xbox 360. Kalau memang begitu, rasanya kita bisa mengucapkan selamat kepada Microsoft atas peningkatan yang sangat signifikannya.

Meskipun begitu, tidak jelas kenapa Microsoft lebih memilih untuk berbagi informasi soal penjualan konsol yang “sold in” daripada “sold out“. Mungkin saja hal ini berhubungan dengan hal-hal berbau marketing yang jelas bukan merupakan area yang saya mengerti terlalu jauh.

Selain informasi tersebut, Mehdi juga mengatakan bahwa Titanfall yang dirilis eksklusif untuk produk-produk Microsoft merupakan game paling laris dijual di bulan Maret 2014. Game ini juga merupakan game yang cukup mendorong kesuksesan Xbox One sampai sekarang,

Sumber: Xbox