Selasa, 08 April 2014

Instantion – Ketika Menjadi Kloningan

Standard


















Clone atau yang lebih dikenal dengan kloning dalam bahasa Indonesia, sejauh ini selalu memiliki arti yang seringkali bersifat negatif. Sebut saja, kloningan game Flappy Bird (oke saya sudah cukup bosan untuk menuliskan nama game satu ini), lalu kloningan manusia yang sudah jelas melanggar etika kehidupan, dan mungkin masih banyak lainnya. Meski demikian menjadi kloningan bukanlah sesuatu yang buruk ketika kamu berhasil mengemasnya menjadi sesuatu yang berbeda, menarik dan tentu saja tidak melanggar etika :p. Sama halnya dengan game garapan Finjitzu yang akan saya bahas kali ini.

Instantion adalah game
kloninganyang menggunakan aspek kloning sebagai unsur penyusun gameplay-nya. Kamu akan mengendalikan pemain dan beberapa kloning sekaligus di setiap levelnya untuk menyelesaikan puzzle yang ada. Kontrol yang digunakan dalam game ini, selain virtual button untuk movement, interact, dan jump, kamu juga menggunakan slingshot (kontrol serupa yang kamu temukan pada Angry Birds) yang berfungsi menembakkan benih untuk mengaktifkan kloning.

Instantion | Screenshot 1


Kloning ini bisa kamu gunakan kapan saja kamu membutuhkan mereka. Tentu saja dengan cara mengumpulkan benihnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan 3 kloning sekaligus dalam waktu bersamaan. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup aim (slingshot control) pada tempat yang diinginkan. Namun perlu diingat karena mereka adalah kloning, mereka juga akan bergerak secara bersamaan pada nantinya. Terdapat beragam modifier yang akan mengubah kecepatan kloning kamu. Mulai dari modifier untuk mempercepat gerak, memperlambat hingga mengubah gerak kloning ke arah yang berlawanan.

Kloning akan mati saat menyentuh checkpoint, namun tidak untuk kamu (pemain). Ada juga bidang energi lainnya yang aman dilalui oleh kloning namun tidak untuk pemain. Jika kamu (pemain) gagal, maka permainan akan dimulai kembali dari checkpoint terakhir, namun tidak berlaku untuk kloning. Kloning yang mati akan hilang bersama dengan benihnya. Dengan kata lain, persediaan kloning kamu akan semakin berkurang jika salah satu kloning kamu mati.

Instantion | Screenshot 2


Instantion | Screenshot 3

Mekanik puzzle yang kamu temui juga akan sangat beragam, seperti mendorong balok, menghindari laser, menyalakan tombol, menemukan kunci dan sebagainya. Selain itu, terdapat berbagai aspek lainnya seperti efek gravitasi, teleporter, serta clone modifier seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Penilaian akan dilihat dari seberapa cepat waktu yang dibutuhkan dan sedikitnya jumlah kloning yang kamu gunakan untuk menyelesaikan setiap levelnya.

Instantion akan terdiri dari 50 level yang tersebar ke dalam 5 lingkungan berbeda. Game ini akan dirilis pada tanggal 10 April 2014 mendatang seharga $1.99 atau ekuivalen dengan Rp 23.000 untuk platform iOS maupun Android. Dengan harga yang premium, kamu tidak akan menemukan IAP maupun iklan lagi di dalamnya. Jujur saja, Instantion terlihat seperti game yang amat menjanjikan di mata saya dan kita lihat saja nanti apakah kenyataan yang ada sesuai dengan harapan saya. Sementara itu, simak trailer kerennya di bawah ini.