Jumat, 28 Maret 2014

Tampilkan Watermark Pada Dokumen di WORD 2013

Standard

Watermark berguna sebagai penanda status dari suatu dokumen tertentu. Hal ini berguna untuk menandakan bahwa dokumen tersebut bersifat khusus atau menegaskan isi dari dokumen tersebut. Contohnya, dokumen penting yang bisa Anda tambahkan dengan tulisan Confidential. Watermark bisa ditampilkan berupa teks atau gambar pada latar secara samar. Fungsi ini juga ada pada Word 2007, namun caranya agak sedikit berbeda dengan Word 2013. Berikut caranya:

1. Watermark teks
 Buka dokumen yang hendak ditambahkan Watermark dengan cara klik menu File>Open. Klik tab Design>Watermark. Pilih salah satu template yang tersedia, dan secara otomatis akan tampil tulisan pada latar.

2. Batalkan Watermark
Jika Anda hendak menghapus Watermark, klik tab Design>Watermark. Klik pada pilihan Remove Watermark.

3. Watermark berupa teks buatan sendiri
Selain berupa teks yang tersedia, Anda juga bisa membuat teks sendiri. Untuk membuatnya mirip dengan cara di atas. Klik Watermark>Custom Watermark. Klik Text Watermark. Dari kolom yang tersedia, Anda bisa menentukan font, size, color, serta teks yang akan ditampilkan. Klik Apply dan Close.

4. Watermark gambar
Caranya mirip dengan langkah sebelumnya. Namun pilih Picture Watermark>Select Picture. Arahkan ke lokasi dimana gambar yang akan ditampilkan berada. Agar tampilan gambar tersamar, beri tanda centang pada pilihan Washout.