Pemberian air (water) di Unity sangat mudah. Tinggal buka folder Water, baik itu yang versi Basic ataupun yang versi Pro, dan drag langsung ke area yang kamu tuju.
Efek Air
Sekarang kita akan melengkapi design level game kita dengan Salju dan uap pada danau yang memberikan kesan air panas.
Untuk itu semua kita memerlukan asset yang dinamakan Particles. Jika belum punya, silahkan import ke dalam project-mu
Sekarang mari kita membahas pengertian dari komponen yang ada di dalam light snow.
Jika kamu melihat kedalam inspector window, terdapat tiga komponen yang mempunyai pengertian sebagai berikut :
- Emiter: Tugasnya adalah menembakan particles didalam scene sehingga kita bisa melihatnya.
- Animator: Mengatur Perubahan-perubahan gerak particles dari waktu ke waktu.
- Renderer: Memperlihatkan bentuk particles.
Satu lagi, perhatikan bahwa salju telihat mencair sebelum jatuh ke tanah, itu disebabkan karena pilihan Min dan Max energy yang standardnya hanya antara 5 sampai 10 detik. Coba kamu naikkan 10 sampai 20 detik, asalkan saja tidak menembus melewati terrain.
Untuk mengatur berapa banyaknya salju per detik, ubah di bagian Min dan Max Emmision, misalkan menjadi 75 dan 100.
Ukuran butiran salju juga bisa dibesarkan di min dan max size. Jika ingin salju seperti tertiup angin, kamu bisa menambahkan nilai pada sumbu yang ada di world velocity dan juga Rnd (random) velocity. Misalkan pada sumbu X nya diberi nilai 5.