Senin, 31 Maret 2014

Sinkronisasi Data Pada Peramban

Standard






















Memanfaatkan fitur sinkronisasi pada peramban akan memudahkan pengguna dalam mengakses data yang tersimpan di peramban dari perangkat apapun. Jadi, jika kamu telah mengakses peramban dari smartphone dan ingin menggunakan data tersebut melalui peramban dari PC desktop, kamu tinggal mengaktifkan fitur tersebut. Berikut cara sinkronisasi pada tiga peramban populer, baik untuk versi desktop (komputer) serta versi mobile.

Google Chrome

Kamu mesti login terlebih dahulu untuk melakukan sinkronisasi melalui ikon menu dan pilih Sign in to Chrome. Selanjutnya pengguna bisa mengatur dan mengendalikan data peramban mana yang akan di sinkron dengan cara membuka pilihan Settings dan klik Advanced sync settings yang berada dibawah Sign in. Secara default, Chrome akan menampilkan pilihan data yang bisa Anda sinkronisasi. Pilih Sync everything atau Choose what to sync sesuai kebutuhan.

























Setelahnya kamu bisa mengakses data Chrome dari Android atau iOS di manapun asalkan telah melakukan login ke akun Google. Sebagai contoh, dengan membuka aplikasi Chrome Browser for Android, kamu bisa melihat tab yang sedang dibuka, Bookmarks, History pada peramban dari masing-masing perangkat yang digunakan.

Firefox

Firefox menggunakan fitur Firefox Sync untuk mensinkronkan data pada peramban. Fitur ini sebelumnya merupakan add-on yang terpisah, namun kini sudah termasuk dalam fitur bawaan Firefox. Pada peramban versi desktop, kamu bisa menggunakannya dengan membuka menu Options, pilih ikon Sync. Buat akun terlebih dahulu. Klik Set Up Firefox Sync dan Create a New Account, masukkan alamat email dan password, klik Next.Tunggu hingga proses selesai.

















Berikutnya akan tampil pilihan data yang akan disinkronisasi. Kamu bisa memilih diantaranya atau secara keseluruhan. Klik OK. Lakukan pairing ke perangkat yang akan digunakan (iOS atau Android). Klik Pair a Device, perangkat akan menampilkan nomor kode, dan masukkan ke kolom yang tersedia. Klik Next dan tunggu hingga selesai. Selanjutnya data peramban telah siap diakses dari Android atau iOS.

Untuk melihat data peramban di desktop melalui Firefox for Android, kamu bisa membukanya dan secara otomatis data bisa diakses dari sini. Kamu bisa melihat pada tab History, Bookmarks, Top Sites, dan lainnya. Begitu pula sebaliknya jika ingin melihat data peramban dari Firefox for Android melalui Firefox di desktop PC. Klik Menu>History, dan akan tampil tab baru yaitu Tabs From Other Devices.

Opera

Opera menawarkan fitur Opera Link untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Untuk melakukannya, buka Opera di komputer. Klik Menu>More tools>Synchronize, kamu akan diarahkan untuk melakukan login akun yang ada. Lakukan registrasi jika belum memilikinya. Buka Opera Mini pada smartphone atau tablet. Masuk ke Menu>Settings. Aktifkan Opera Link ke posisi On dan login akun yang Anda miliki.