Rabu, 02 April 2014

Review Tiny Space Adventure – Petualangan Astronot Kecil Di Luar Angkasa

Standard

















Tiny Space Adventure mengingatkan saya akan game besutan 5Ants, yaitu Tiny Thief yang sempat booming di tahun 2013 silam. Memiliki nama yang serupa bukan berarti game ini juga memiliki gameplay yang sama, walaupun memang ada sedikit kemiripan di antara keduanya. Namun, game garapan A&R Entertainment ini memilliki keunikan tersendiri yang menjadikannya menarik. Apa saja yang ditawarkan dalam Tiny Space Adventure? Temukan jawabannya dalam review berikut!

Tiny Space Adventure menceritakan petualangan seorang astronot kecil yang terdampar di planet asing dengan teka-teki di dalamnya. Walaupun bergenre sama seperti Tiny Thief yaitu point n click, Tiny Space Adventure tidak memiliki alur cerita layaknya Tiny Thief. Game ini lebih menyerupai game puzzle dengan sedikit unsur hidden object ditambah trial and error di dalamnya. Hmm… Terdengar seperti nama yang panjang untuk sebuah genre game, tapi kalimat inilah yang paling sesuai untuk menggambarkan Tiny Space Adventure sekarang

























Di setiap level yang kamu mainkan, kamu akan menemukan banyak teka-teki maupun puzzle. Kontrol dalam game ini sangatlah simpel, cukup dengan tap saja. Tap untuk membuat astronot berjalan, dan tap lagi untuk membuatnya berhenti. Beberapa puzzle akan menampilkan pop up gambar yang menunjukkan suatu aksi. Kamu cukup tap pada gambar tersebut untuk menjalankan aksi yang tertera. Puzzle dalam Tiny Space Adventure dicerminkan dalam sebuah petualangan seru untuk mencari pintu keluar di setiap levelnya.

Memecahkan puzzle di game ini membutuhkan yang namanya coba-coba (trial error) serta ingatan yang cukup bagus. Mengapa saya bilang demikian? Kebanyakan level di sini akan memiliki banyak pintu dan tidak ada petunjuk mana pintu keluar yang benar dan mana yang bukan. Jika kamu gagal, kamu harus mengulangnya kembali dari awal. Banyak hal yang bisa saya petik dari game ini, salah satunya pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga.

























Tidak hanya itu saja, Tiny Space Adventure juga berpesan bahwa ada kalanya iseng itu membawa petaka, namun jika tidak mencobanya kamu tidak akan belajar. Ada level di mana terdapat tombol dengan label tengkorak (yang biasanya berarti kematian), dan kamu yang iseng bisa saja menekan tombol tersebut yang nyatanya justru membuat kamu game over. Namun dari situlah kamu belajar. Game ini juga memiliki kumpulan mini game yang menarik seperti flow free, sequence game, dan lain sebagainya. Kumpulan puzzle yang mengharuskan kamu memiliki memori yang baik dan adanya kombinasi menarik dengan beberapa mini game, serta variasi gameplay seperti tampilan yang gelap, portal, gravitasi switching, serangan robot, dan lainnya membuat game ini semakin seru untuk dimainkan.

Setiap level yang ada memiliki 3 alien dan 1 kelinci yang bisa kamu kumpulkan. Mereka memang bukan hal wajib, tapi mereka menjadi salah satu unsur penyusun genre hidden object dalam game ini. Kejelian dan kecermatan kamu saat bermain sangat diperlukan jika kamu ingin menemukan ketiganya. Contoh, ada kalanya kamu perlu menjelajah setiap kemungkinan yang ada seperti tap pada batu untuk menemukan alien yang bersembunyi di baliknya. Jika kamu stuck, terdapat hint yang bisa kamu akses 4 jam sekali.

Tiny Space Adventure menggunakan grafis 2D yang digambarkan dengan menarik. Efek-efek yang ditampilkan seperti saat kamu terkena laser, terserang robot, dsb berhasil digambarkan baik. Untuk urusan musik, game ini menggunakan musik sci-fi yang tentu saja sangat sesuai dengan tema gamenya. Tiny Space Adventure memang tidak memiliki banyak level, hanya ada 13 level saja untuk versi pertamanya. Kamu bisa mengunduhnya pada Apple App Store seharga Rp 9.500. Jika kamu mencari game point n click puzzle yang unik, Tiny Space Adventure tidak nampak seperti game yang pantas untuk dilewatkan.

Apple App Store Link: Tiny Space Adventure, Rp 9.500
Apple App Store Link: Tiny Space Adventure LITE, Gratis